10 Cara Inilah Yang Bisa Bikin Kamu Kaya di Usia Muda

Siapa sih yang tidak ingin jadi orang kaya? Saya dan anda tentunya tentunya termasuk orang yang ingin kaya bukan? Tidak hanya akan menjadikan hidup kita jadi enak, namun kekayaan juga dapat menjadikan seseorang lebih memiliki kesempatan untuk bisa berbagi dengan sesama. Asal anda tahu ya, tidak Cuma orang yang sudah berumur loh yang dapat memperoleh kekayaan. Anda tidak perlu bekerja puluhan tahun sebelum anda menjadi orang kaya. Sebab semuanya itu dapat anda mulai dari sekarang. Apa saja sih yang harus anda lakukan agar anda bisa kaya pada usia muda?
Image by : pixabay.com

1. Anda Harus Menciptakan Impian Tentang Karir dan Pekerjaaan Di Masa Depan

Kalau hingga saat ini anda masih belum memiliki keinginan untuk menjadi orang kaya dengan dengan cara seperti apa, maka lebih baik anda segera menentukan pekerjaan dan karir impian anda. Memiliki impian yang jelas soal bagaimana anda akan mencapai kekayaan bisa membuat anda lebih bersemangat untuk berusaha. Jika perlu, tulislah impian itu dalam skala yang besar dan tempat di tempat-tempat yang gampan untuk anda lihat.

Baca Juga :
8 Pekerjaan Yang Bergaji Diatas 15 Juta Di Jakarta
3 Hal Ini Perlu Anda Lakukan Bila Pekerjaan Membuat Anda Tidak Sehat

2. Pilihlah Pendidikan Yang Paling Sesuai Dengan Minat dan Bakat Anda

Orang yang sukses biasanya mendalami hal-hal yang paling mereka senangi dalam hidup. Anda akan mengalami kesuksesan yang sama, atau bahkan lebih dari itu kalau anda menempuh pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Hal ini akan jadi bekal yang sangat berharga di dalam usaha anda mengumpulkan pundi-pundi kekayaan suatu hari nanti. Kalau anda tidak tahu apa yang mau anda tekuni dan memiliki semangat ‘’kerja apapun boleh asalkan kaya dan memiliki banyak uang’’.

3. Sisihkalah sekitar 25% Dari Seluruh Pendapan Anda Dalam Setahun

Jika anda masih meminta uang saku kepada orang tua, berapakah yang anda peroleh per bulannya? apakah 500 ribu? Ini berarti di dalam satu tahun anda harus dapat menyisihkan uang minimal sekitar Rp. 1,5 juta. Kalau anda sudah mempunyai gaji tersendiri, maka caranya juga sama seperti tadi. Sisihkalah ¼ dari total gaji anda. Uang tersebut jangan anda otak-atik, dan jangan tergoda untuk berbelanja ataupun traveling menggunakan uang simpanan tersebut. Tujuan utama dari menyisihkan ¼ uang anda tadi adalah untuk berinvestasi dan untuk dana tidak terduga.

4. Anda Bisa Memulai Berinvestasi di Pasar Modal

Sisipkanlah 25% dari pendapatan tahunan yang telah anda sisihkan di dalam skema investasi pasar modal. Caranyapun tidak terlalu sulit dan ternyata banyak sekali macam cara yang bisa kamu tempuh. Anda bisa mencoba peruntungan dengan membeli valuta asing lalu menukarkannya di saat nilai tukar sedang naik, investasi emas, ikut program deposito atapun bisa juga melalui saham dan juga reksadana. Menurut beberapa pendapat yang ada, investasi yang paling memungkinkan untuk anak muda jaman sekarang yang baru memiliki penghasilan adalah investasi reksadana. Lewat skema investasi tersebut, anda bisa membeli reksadana saham mulai dari Rp. 100 ribu. Ini cukup ringan kan untuk kantong anak muda? Investasi ini ternyata juga terbukti cukup aman kalau dibandingkan dengan skema investasi yang lainnya. Karena berbeda dengan investasi pada umumnya yang benar-benar mengandalkan spekulasi, di dalam investasi reksadana anda masih akan didampingi oleh Manager Investasi yang telah memiliki banyak pengalaman. Jadi Manajer Investasi inilah yang akan mengatur kemanakah uang anda akan diinvestasikan.

5. Jika Anda Memiliki Uang Yang Lebih, Maka Berinvestasilah di Bidang Properti

Berinvestasi di bidang properti memang memerlukan stabilitas dana danmodal awal yang sangat besar. Akan tetapi, keuntugan jangka panjangnya juga tidak sembarangan. Pada tahun 2011 saja, harga properti di Jakarta telah mengalami kenaikan sebesar 38%, sementara di Bali kenaikannya mencapai 20%. Angka ini terbilang sangatlah fantastis, dan ini dua kali lipat dari angka kenaikan harga properti di Dubai. Jadi, mulai dari sekarang kaalu anda telah memiliki penghasilan, maka pertimbangkanlah untuk menyisihkan uang anda demi mencicil perumahan yang sederhana atau apartemen mini. Dalam beberapa tahun kemudian jika properti tersebut anda jugal atau anda sewakan, dijamin harganya akan meroket.

6. Mulailah Mengambil Asuransi Untuk Proteksi Diri Anda

Sisihkan juga uang anda  di luar dari yang 25% tiap tahun tadi, fungsinya untuk membeli asuransi kesehatan ataupun asuransi jiwa. Walaupun anda telah memiliki asuransi dari kantor ataupun masih ditanggung oleh orang tua, namun biasanya asuransi korporat tidak menggung beberapa kasus khusus. Dana kesehatan adalah dana yang tidak terduga yang dapat menjadikan tabungan anda terkuras kalau tidak anda persiapkan secara baik. Lebih baik sisihkan terlebih dahlu beberapa ratus ribu tiap bulannya supaya menghindari kerugian yang mendadak yang dapat menghinggapi anda secara tiba-tiba.

7. Cobalah Untuk Memulai Usaha Sendiri, dan Ambillah Resiko

Sangat jarang orang yang bisa jadi milyuner namun seumur hidupnya menjadi seorang karyawan. Pada umumnya mereka yang sangat sukses di bidang finansial berani mengambil resiko dengan cara berusaha memulai usaha sendiri. Tidak perlu secara drastis meninggalkan pekerjaan anda saat ini, jika anda belum sepenuhnya merasa yakin. Anda bisa memulai usaha di bidang yang anda minati secara paruh waktu lebih dulu. Toh saat ini kemudahan teknologi sudah bisa membantu anda. Anda bisa menjalankan usaha anda via online sehingga dapat anda kerjakan di sela-sela kesibukan pekerjaan kantor anda. Di saat sudah benar-benar menghasilkan, barulah anda dapat keluar dari pekerjaan rutin anda dan fokuslah ke bisnis yang mau anda rintis.

8. Tidak Usah Mudah Tergiur Dengan Teknologi Yang Baru

Biasanya anak muda ini tempat pemborosannya berada di gadget. Tablet dan handphone masih bisa digunakan, tapi anda memilih dan tergiur dengan produk keluaran yang paling baru. Padahal sebenarnya bedanya tidak terlalu jauh. Tidak jarang ada beberapa orang yang rela menyicil supaya bisa mendapatkan gadget keluaran yang palin baru. Tahanlah diri anda terlebih dahulu, jangan menuruti hawa nafsu untuk mengikuti kemajuan teknologi yang tidak akan berujung. Daripada anda pakai untuk membuat diri anda kelhatan lebih keren di depan teman-teman anda, lebih baik uang tersebut anda tabung atau anda jadikan dana investasi. Alih-alih mengeluarkan uang, anda justru bisa menghasilkan dana untuk masa depan kelak. Biarpun sekarang anda menggunakan HP yang jadul, namun kalau di rekening anda uangnya mengalir terus ya siapa yang tidak mau?

9. Jangan Takut Dengan Hidup Susah

Kalau anda mau sukses dan kaya raya tanpa ingin merintis dari nol, ya apa kabar? Tidak ada satu kesuksesanpun yang dibangun dalam satu malam. Anda jangan takut memulai bekerja dengan gaji yang rendah. Jangan takut tinggal di kos atau di kontrakan secara sederhana selama beberapa waktu. Anda jangan takut tidak memiliki mobil yang keren dan malah menggunakan angkutan umum agar bisa berinvestasi. Jangan merasa takut terlihat kalah trendi dari lingkungan sekitar anda. Ingatlah, anda sedang dalam masa prihatin untuk mencoba hidup sedikit sudah demi kekayaan yang akan anda nikmati di masa depan.

10. Kerja Keras, Kerja Yang Pintar

Inilah yang paling penting dari semuanya. Biarpun anda sudah berinvestasi, sudah memiliki pendidikan yang bagus, namun tidak memiliki semangat juang, maka ucapkanlah selamat tinggal pada kekayaan yang anda harapkan. Hal tersebut tidak akan datang. Mumpung anda masih muda, maka maksimalkan waktu anda untuk selalu fokus dan kerja-kerja dan kerja.  Jadilah orang yang datang paling pagi di kantor, kerjakanlah pekerjaan anda dengan semaksimal mungkin, manfaatkan teknologi dan sarana yang ada untuk membantu pekerjaan anda. Mulailah menjalankan bisnis anda sendiri, perbanyaklah koneksi dan juga relasi di dunia profesional, dan jangan ragu untuk mulai belajar berinvestasi. Jika anda melakukan hal-hal ini secara konsisten, maka keamanan finansial akan pelahan namun pasti akan anda dapatkan. Selamat datang masa muda yang nyaman, dan bersiaplah untuk masa tua yang dapat anda nikmati dengan keluarga dan pasangan anda.

Sumber : hipwee.com


EmoticonEmoticon