4 Cara Pria Mengecilkan Pori-Pori Pada Wajah

Merupakan suatu yang normal bila seorang pria memiliki pori-pori wajah yang lebih besar dibandingkan para wanita. Bahkan pada pria, pori-porinya itu tampak secara kasat mata di bagian hidung dan dahi. Bersamaan dengan bertambahnya umur, pori-pori itu bisa tambah besar sehingga seringkali bisa memudarkan ketampanan seorang pria.



Image by : pixabay.com

Kalau anda mempunyai kulit yang berminya, pori-pori pada wajah dengan mudahnya membesar untuk mengakomodasi produksi sebum yang terus meningkat, selain itu anda akan gampang berjerawat, menurut James Collyer, MD dari Modern Dermatology di Seattle.

Baca Juga :
6 Kesalahan Mendasar Saat Memakai Kacamata Hitam
10 Kesalahan Pria Dalam Hal Penampilan  

Sebab produksi sebum itu bersifat genetik dan secara teknis para pria dengan kulit yang betul-betul bisa mengecilkan pori-pori pada kulit wajah, maka pori itu akan gampang terlihat. Tetap anda jangan khawatir, mengontrol produksi sebum bisa menghampat pembesaran pori.

‘’Hormon, tingkat kebersihan kulit, dan faktor lingkungan semacam suhu, paparan sinar UV, dan kelembaban memiliki kontribusi terhadap perbedaan sekresi minya, yang pada gilirannya bisa mempengaruhi ukuran pori,’’ ujar Collyer.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar bisa mencegah pori-pori wajah semakin membesar :

1. Bersihkanlah Wajah Anda Dengan Scrub

Membersihkan wajah sehari dua kali, dilengkapi dengan pemakaian scrub ringan beberapa kali dalam satu minggu bisa menjadikan kulit senantiasa bersih dan pori-poripun terbuka, tidak terhalau oleh minyak, kulit mati, maupun kotoran. Hal ini penting untuk menjaga pori-pori tetap dalam ukuran yang normal,’’ katanya.

2. Pakailah Produk Perawatan Wajah Dengan Kandungan Ini

Pilihlah produk yang berjenis ‘noncomedogenic’, yang artinya produk tersebut tidak akan mengakibatkan pori-pori tersumbat. Asam alfa yang terkandung atau beta-hidroksi (seperti asam salisilat), atau kandungan glukonat serta magnesium seng, juga bisa membantu mengatur produksi sebum. Kandungan Retinoid bisa mengurangi pembesaran pori dan menormalkan regenarasi kulit.

3. Pakailah Pelembab Yang Berjenis Matte

‘’Baik pelembab wajah dan masker, jika anda memakainya, pilihlah produk yang berlabel ‘mattiflying’ sebab bisa menyerap sebum serta mencegah pantulan cahaya yang terlalu berlebihan pada permukaan kulit,’’ ujar Collyer.

4. Lindungilah Kulit Anda Dari Paparan UV

Paparan sinar UV bisa mempercepat penuaan pada kulit dan secara permanen bisa memperbesar pori-pori wajah. Sinar UV bisa menurunkan kolagen dan juga menyebabkan peningkatan ukuran pori-pori. ‘’Jadi, gunakanlah pelindung harian yang berupa lotion ringan dengan SPF serta seng oksida atau titanium dioksida supaya ukuran pori tetap normal. Pakailah pula pelindung yang lain, seperti topi, disaat anda berada di bawah terik matahari, ‘’ lanjut Collyer.


Sumber : Kompas.Com



EmoticonEmoticon